TOPENG SAKTI MANDRAGUNA ...............!!!!!!!

WELCOME TO PADEPOKAN SANGGAR T-PUNK 212

Rp. 250.000,-
Topeng
Jawa
Cerita klasik Ramayana yang berkembang sejak ratusan tahun lalu menjadi inspirasi utama dalam penciptaan topeng di Jawa. Topeng-topeng di Jawa dibuat untuk pementasan sendra-tari yang menceritakan kisah-kisah klasik tersebut. Salah satu tokoh dari cerita Ramayana adalah Rama dan Sinta. Rama adalah seorang suami yang berjuang mati-matian untuk menyelamatkan Sinta dari Rahwana. Sementara Sinta adalah istri setia yang berjuang melawan godaan Rahwana untuk menjaga kesucian cintanya.


Rp. 350.000,-
Topeng Bali
Topeng sebagai bentuk karya seni tradisional di Bali lebih dikenal dengan sebutan tapel. Keberadaan topeng dalam masyarakat Bali berkaitan erat dengan upacara keagamaan Hindu, karena kesenian luluh dalam agama dan masyarakat. Sebagai sebuah tradisi yang kental dengan nuansa ritual magis, umumnya yang ditampilkan di tengah masyarakat adalah seni yang disakralkan. Tuah dari topeng yang merepresentasikan dewa-dewa dipercaya mampu menganugrahkan ketenteraman dan keselamatan.

Rp. 375.000,-
TOPENG SITUS KERAJAAN MAJAPAHIT
Dalam sejarah manusia nama Gajah Mada terakhir dengan tinta emas, sebagai sosok yang berhasil mempersatukan nusantara di bawah panji Majapahit pada saat pemerintahan Hayam Wuruk. Gajah Mada tidak sekedar mengumbar janji dan mimpi di depan Maharaja dan Rakyat Majapahit, tapi mampu membuktikan dan melaksanakan Sumpah Palapa yang di ucapkannya hingga mampu mempersatukan nusantara. Di balik itu semua ternyata Gajah Mada semasa hidupnya konon selalu mempergunakan topeng. Topeng tersebut dipergunakannya saat dirinya menyelesaikan suatu sengketa. Bila ada suatu pertarungan antara demung, Gajah Mada akan hadir di tengah-tengah laga. Kehadirannya selalu di tunggu karena sosok bertopeng inilah di anggap oleh banyak pihak mampu mendamaikan sosok-sosok yang bertikai dengan petuah perdamaian. Bila perdamaian telah berhasil dicapai, sosok yang mampu menghipnotis banyak orang dengan kehadirannya di medan laga akan segera melesat pergi begitu saja, meninggalkan kalangan dengan menyisakan rasa penasaran yang menggayuti benak banyak orang. Tak banyak yang mengetahui bila sosok bertopeng itu adalah Mahapatih Gajah Mada . ada yang mengatakan bila Gajah Mada sudah memakai topeng, kesaktiannya akan bertambah. Dan topeng yang yang di pergunakannya dalam menyuarakan perdamaian itulah yang akan kita hadirkan dalam ritus budaya ini, terang H Lalu Anggawa Nuraski, Ketua Panitia Ritus Budaya Rinjani Agung 2009.





Rp. 225.000,-
Topeng Dayak
Di daerah Kalimantan, suku Dayak menggunakan topeng dalam Tari Hudog yang sering dimainkan dalam upacara keagamaan dari kelompok suku Dayak Bahau dan Modang. Tari ini dimaksudkan untuk memperoleh kekuatan dalam mengatasi gangguan hama perusak tanaman dan mengharapkan diberikan kesuburan dengan hasil panen yang banyak. Topeng yang digunakan berwarna hitam, putih, dan merah yang melambangkan kekuatan alam yang akan membawa air dan melindungi tanaman yang mereka tanam hingga musim panen tiba.



Rp. 150.000,-
TOPENG PANJI CIREBON
Sudah lama tari Topeng Cirebon mengundang tanda tanya akibat daya pesonanya yang tinggi, tidak saja di Indonesia tetapi juga di luar negeri. Tari Panji, yang merupakan tarian pertama dalam rangkaian Topeng Cirebon, adalah sebuah misterium. Sampai sekarang belum ada koreografer Indonesia yang mampu menciptakan tarian serupa untuk menandinginya. Tarian Panji seolah-olah “tidak menari”. Justru karena tariannya tidak spektakuler, maka ia merupakan sejatinya tarian, yakni perpaduan antara hakiki gerak dan hakiki diam
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "TOPENG SAKTI MANDRAGUNA ...............!!!!!!!"

Posting Komentar